Sobat Perqara sudah tahu belum apa itu kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement)? Kamera yang mungkin kalian sering lihat di jalan raya ini memiliki kecanggihan untuk mendukung penerapan tilang elektronik. Selain dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara, alat ini juga menjadi pendeteksi plat nomor palsu. Namun, apakah plat nomor palsu dapat diketahui tanpa menggunakan alat tersebut? Yuk pahami terkait perbedaan plat nomor palsu dan plat nomor asli.

Kasus Plat Nomor Palsu dan Plat Nomor Asli

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa kamera ETLE dapat menjadi pendeteksi plat nomor palsu, namun sampai saat ini masih banyak pengendara yang nekat menggunakan plat nomor palsu. Umumnya, hal ini dilakukan untuk menghindari ganjil genap.

Salah satu kasus plat nomor palsu yang terbaru yaitu pengendara Fortuner yang mengancam pengendara lain menggunakan tongkat besi yang sempat viral di media sosial. Dilansir dari otomotif.tempo.com, pada Jumat, 20 Oktober 2023, Polda Metro Jaya telah menangkap pengendara Fortuner tersebut yang ternyata juga menggunakan plat nomor dinas palsu.

Kepala Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya (Kasubdit Jatanras Direskrimum Polda Metro Jaya), yaitu AKBP Samian, menyatakan bahwa plat nomor yang digunakan oleh pengendara Fortuner tersebut merupakan tersebut plat nomor palsu karena dibeli oleh pelaku dari salah satu marketplace. Jadi, plat nomor tersebut merupakan plat dinas palsu dan pelaku bukanlah anggota Polri atau anggota dari satuan manapun.

Cek Plat Nomor Online

Saat ini, cara cek plat nomor dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun website. Ketika kamu cek nomor plat asli, tentunya data kendaraan tersebut terdaftar di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), sesuai domisili pendaftaran kendaraan tersebut. Sebaliknya, apabila nomor plat tidak terdaftar di SAMSAT, maka terdapat indikasi bahwa plat nomor tersebut palsu.

Cara cek plat nomor kendaraan ini dapat dilakukan melalui aplikasi e-SAMSAT, situs resmi SAMSAT, hingga layanan SMS dari SAMSAT di masing-masing domisili. Sobat dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi yang dikembangkan oleh masing-masing SAMSAT di berbagai wilayah. Sobat hanya perlu mengunduh aplikasi cek plat nomor sesuai wilayah domisili di App Store atau Google Play Store.

Salah satunya, dengan mengunduh aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta untuk memeriksa kepemilikan plat nomor kendaraan di wilayah Jakarta. Aplikasi e-Samsat cek plat nomor ini dapat diakses dengan menyertakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun tanpa NIK. Berikut cara cek pelat nomor online Jakarta:

  1. Buka aplikasi Cek Ranmor DKI Jakarta;
  2. Masukkan email pengguna;
  3. Masukkan nomor plat kendaraan;
  4. Masukkan NIK;
  5. Klik ‘Cari’;
  6. Samsat Jakarta akan memberikan informasi mengenai kepemilikan kendaraan tersebut.

Selain DKI Jakarta, SAMSAT di sejumlah daerah juga menyediakan aplikasi serupa. Sobat hanya perlu mengunduh aplikasinya. Berikut daftar nama aplikasi cek nomor pelat di berbagai daerah:

  • Jawa Barat : Sambara
  • Jawa Tengah : Sakpole e-Samsat Jateng
  • Jawa Timur : e-Smart Samsat Jatim
  • Yogyakarta : Pajak Kendaraan Yogyakarta
  • Aceh : Peluit Ditlantas Polda Aceh
  • Lampung : Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • Kepualauan Riau : e-Samsat Kepri
  • Kalimantan Utara : e-Samsat Kalimantan Utara
  • Sulawesi Utara : Info Pajak Kendaraan Sulut
  • Sulawesi Selatan : e-Samsat Sulsel

Cara Membedakan Plat Nomor Palsu dan Plat Nomor Asli

Berikut cara membedakan plat nomor palsu dan plat nomor asli yang perlu Sobat ketahui tanpa menggunakan alat pendeteksi plat nomor palsu:

  1. Spesifikasi plat nomor asli menggunakan bahan aluminium alloy. Sedangkan, plat nomor palsu menggunakan besi atau logam biasa.
  2. Apabila melihat dari bentuk embossing atau cetakan, maka akan terlihat timbul pada plat nomornya. Plat nomor asli sudah diatur detail spesifikasi embossing-nya baik dari ketebalan cetakan timbul hingga jarak antara angka dan hurufnya.
  3. Kemudian, plat nomor asli menggunakan font atau jenis huruf khusus yang tidak bisa disebutkan kepada khalayak umum. Sebab, hal ini berkaitan dengan kerahasiaan detail spesifikasi supaya tidak mudah ditiru.
  4. Lalu, terkait bahan untuk mewarnai dasar plat dan nomor polisi pada plat nomor asli. menggunakan cat khusus. Warna dasar pada plat merata dan sedikit glossy. Cat khusus yang digunakan untuk mewarnai plat nomor ini tidak dijual bebas di pasaran. Sehingga, mau sedetail apapun seseorang meniru warna plat nomor yang asli, akan dapat ditemukan perbedaannya.
  5. Terakhir, kombinasi angka pada plat nomor asli, terdapat kode yang menunjukkan sebuah kendaraan bermotor masuk dalam kategori apa. Misalnya, terdapat plat nomor yang kodenya seharusnya untuk mobil sedan, malah terpasang di jenis mobil lain, itu dapat ditelusuri.

Dengan beberapa cara di atas, Sobat dapat mengetahui perbedaan plat nomor palsu dan asli tanpa menggunakan alat pendeteksi plat nomor palsu.

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Untuk permasalahan hukum terkait Pidana, Perqara telah menangani lebih dari 2.200 kasus. Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Hukum Gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum atau pertanyaan lebih lanjut terkait ketentuan pendeteksi plat nomor palsu, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis hanya di Perqara. Dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Ancaman dan Dampak Negatif Menggunakan Plat Nomor Palsu

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Dasar Hukum

  1. Perkapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Referensi

  1. Erwan Hartawan. “Cara Mudah Cek Pelat Nomor Kendaraan Palsu Lewat Aplikasi”. https://otomotif.tempo.co/read/1786868/cara-mudah-cek-pelat-nomor-kendaraan-palsu-lewat-aplikasi. Diakses pada tanggal 17 Desember 2023. 
  2. M. Adika Faris Ihsan dan Aditya Maulana. “Begini Cara Bedakan Pelat Nomor Asli dan Palsu”. https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/161200315/begini-cara-bedakan-pelat-nomor-asli-dan-palsu. Diakses pada tanggal 17 Desember 2023. 
  3. Ferdian. “Jangan Main-main, Pelat Nomor Palsu Bisa Dideteksi Kamera Tilang Elektronik”. https://otomotifnet.gridoto.com/read/232982657/jangan-main-main-pelat-nomor-palsu-bisa-dideteksi-kamera-tilang-elektronik. Diakses pada tanggal 17 Desember 2023.
  4. Ari Purnomo. “Kamera ETLE Bisa Deteksi Pelat Nomor Palsu, Jangan Coba-coba!”. https://oto.detik.com/berita/d-5505456/kamera-etle-bisa-deteksi-pelat-nomor-palsu-jangan-coba-coba. Diakses pada tanggal 17 Desember 2023.