Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Namun, banyak kasus penipuan di instagram dengan menggunakan fake account atau akun palsu. Kasus penipuan tersebut memiliki beragam modus, mulai dari lelang barang, berjualan netflix, tiket, dan online shop. Fake account instagram dapat diketahui melalui beberapa hal, misalnya foto profil, followers, ataupun kolom komentar. Kenali ciri-ciri akun palsu instagram dan tips agar terhindar dari penipuan instragram berikut ini.

Apa Itu Fake Account Instagram

Fake account dalam bahasa Indonesia memiliki arti akun palsu. Jadi, fake account instagram dapat didefinisikan sebagai akun palsu yang dibuat oleh seseorang dengan tidak menggunakan identitas asli sebagai upaya memanipulasi para korban, biasanya bertujuan untuk memantau akun orang lain, menipu seseorang untuk mendapatkan keuntungan, dan meniru orang lain biasanya artis atau tokoh terkenal.

Kasus Penipuan Lewat Instagram

Dikutip dari Kompas.com, salah satu kasus penipuan lewat instagram yaitu penipuan terkait pelelangan barang dan mengatasnamakan pihak bea cukai. Dalam kasus ini, Sandi sebagai korban mengalami penipuan ketika mencoba mengikuti lelang laptop di Instagram dengan harga awal senilai Rp 1 juta. Ia diinformasikan memenangi lelang tersebut di harga Rp 1,5 juta. Lalu, tak berapa lama setelah melakukan transaksi, ia dihubungi oleh petugas yang mengaku sebagai petugas Bea Cukai dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Melalui sebuah telepon, disebutkan laptop yang dibeli merupakan barang ilegal dan tidak memiliki surat lengkap. Penipu itu juga memberikan blangko Bea Cukai beserta perincian biaya yang harus dibayarkan. Pelaku mengatakan bahwa biaya tersebut untuk pajak kapal dan Sandi harus membayar sebesar Rp 3,75 juta. Penipu juga terus mendesak Sandi dengan mengancam akan mendatangkan polisi militer ke alamatnya jika tidak membayar denda tersebut.

Merasa terancam dan terdesak, Sandi lalu mengirimkan uang kepada penipu itu tanpa pikir panjang. Penipu kemudian menelepon lagi untuk meminta uang atas alasan yang dibuat-buat lainnya. Kemudian, Sandi mulai sadar dan berpikir bahwa pelaku terus menerus meminta uang. Kemudian, ia ingat memiliki teman di Bea Cukai dan temannya mengatakan bahwa itu merupakan penipuan. Setelah itu, Sandi langsung mengabaikan si penipu.

Ciri-Ciri Akun Instagram Palsu

Berikut ciri-ciri fake account instagram yang penting untuk Sobat ketahui:

  1. Sering mengganti nama akun

Hal ini dapat dicek melalui history profil atau riwayat profil instagram dengan membuka profil pengguna yang Sobat curigai. Lalu, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan klik “about this account” atau “tentang akun”. Biasanya pelaku sering mengganti nama instagram dan dalam kurun waktu yang singkat untuk menghilangkan jejak penipuan sebelumnya.

  1. Jumlah pengikut (followers) dan yang diikuti (following) mencurigakan

Umumnya, pelaku memiliki jumlah following (akun yang diikuti) sangat banyak dan tidak seimbang jumlahnya dengan pengikut (followers). Misalnya, jumlah pengikut sebanyak 550 akun, sedangkan jumlah akun yang diikuti sebanyak 5700 akun. 

  1. Akun pengikut (followers) bukan real account (akun asli)

Bisa saja pelaku membeli followers, sehingga seimbang dengan jumlah following. Namun, umumnya followers tersebut bukan lah akun asli atau yang sudah tidak terpakai. Apabila akun pelaku tidak diatur sebagai akun privat, Sobat dapat melihat akun-akun yang mengikuti akun palsu tersebut. Perhatikan saja akun-akunnya, jika lebih banyak akun spam atau botnya daripada akun asli, patut dicurigai.

  1. Jumlah likes dan comments tidak sebanding

Likes dan comments dalam suatu akun merupakan bentuk engagement dan interaksi yang dapat Sobat nilai dari jumlahnya. Apabila akun tersebut memiliki banyak followers namun tidak sebanding dengan jumlah likes dan comment nya, misalnya jumlah followers 5.7000, namun rata-rata likes dan comments di bawah 10, bisa jadi akun tersebut membeli followers.

  1. Mematikan kolom komentar

Umumnya, akun penipuan yang mengatasnamakan nama pribadi ataupun penjualan (olshop) akan mematikan kolom komentar untuk menghindari interaksi berlebihan dengan konsumen. Selain itu, tidak mengaktifkan kolom komentar juga sebagai upaya untuk menghindari keluhan atau komentar buruk dari konsumen yang telah tertipu.

  1. Terdapat 2 atau lebih akun yang sama

Biasanya penipu menggunakan identitas artis atau tokoh terkenal. Akun asli artis atau tokoh terkenal biasanya telah terverifikasi dengan memiliki centang biru, sedangkan akun pelaku penipuan tidak. Namun, saat ini tanda centang biru dapat dibeli dengan membayarkan sejumlah uang perbulannya. Oleh sebab itu, Sobat harus memperhatikan ciri-ciri yang lainnya.

  1. Postingan berantakan

Suatu akun yang asli pastinya dikelola dengan baik, tidak asal-asalan. Mulai dari foto, caption, hingga tag yang dipakai umumnya di perhatikan dan dibuat dengan baik. Begitu juga dengan foto profil, bio, story, dan highlights nya pasti tidak asal-asalan.

  1. Harga jual barang tidak masuk akal

Dalam kasus penipuan penjualan online (olshop), biasanya pelaku akan memasang harga kelewat murah.

  1. Testimoni tidak asli

Mengutip cuitan Divisi Humas Polri di Twitter, pengguna juga bisa mengecek testimoni dan rekening penjual yang mencurigakan. Kualitas foto pada feed akun penipu juga sangat buruk.

  1. Sering mengirim DM (direct message)

Sebagian akun penipu sering mengirim DM, lalu meminta data pribadi dengan iming-iming untuk membantu nasabah yang sedang mengalami kendala atau bahkan untuk pengiriman hadiah tertentu.

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Instagram

Setelah mengetahui ciri-ciri fake account instagram, ini dia tips untuk Sobat Perqara agar terhindar dari penipuan instagram:

  1. Cek history profile

Platform instagram menyediakan fitur untuk mengecek histori profil. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengetahui apakah suatu akun asli atau tidak. Berikut cara mengecek histori profil Instagram.

  • Buka profil pengguna yang Anda curigai
  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  • Klik “about this account” atau “tentang akun”

Setelah ini, pengguna akan tahu kapan akun itu dibuat dan histori nama akun. Umumnya, pelaku penipuan sering mengganti nama akun. Fitur ini merupakan informasi tambahan tentang sebuah akun Instagram untuk memastikan kevalidan sebuah akun.

  1. Cara mengetahui akun fake Instagram lewat pencarian foto

Akun fake instagram sering menggunakan foto orang lain untuk menipu pengguna lain. Sobat dapat mengantisipasi modus ini dengan memanfaatkan fitur pelacakan foto Google.

  • Buka profil akun suspek penipu
  • Tangkap layar (screenshot) atau unduh salah satu foto
  • Buka layanan Google Foto
  • Unggah foto dan cari 
  • Google kemudian akan memberikan hasil pencarian yang relevan

Apabila Sobat menemukan foto itu identik dengan foto yang beredar di internet, segera cek sumbernya. Apabila foto akun yang diduga palsu identik dengan artis atau persona tertentu di internet, waspadalah.

  1. Cek jumlah perbandingan followers dan following

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, pelaku memiliki jumlah following (akun yang diikuti) sangat banyak dan tidak seimbang jumlahnya dengan pengikut (followers).

  1. Cek akun pengikut (followers)

Umumnya, pelaku penipuan membeli followers dan followers tersebut bukan lah akun asli atau akun bot.

  1. Cek jumlah likes dan kolom komentar

Apabila akun tersebut memiliki banyak followers namun tidak sebanding dengan jumlah likes dan comment nya, misalnya jumlah followers 5.7000, namun rata-rata likes dan comments di bawah 10, bisa jadi akun tersebut membeli followers. Selain itu, umumnya pelaku penipuan tidak mengaktifkan kolom komentarnya.

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Untuk permasalahan hukum terkait Pidana, Perqara telah menangani lebih dari 2.200 kasus. Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Hukum Gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum terkait penipuan oleh fake account instagram, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis hanya di Perqara. Dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Cara Melaporkan Penyebaran HOAX

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Referensi

  1. Danang Suryo. “Waspadai Akun Palsu di Instagram! Ini 2 Tips Mudah Mengetahui Akun Fake atau Bukan”. https://www.kompas.tv/tekno/293298/waspadai-akun-palsu-di-instagram-ini-2-tips-mudah-mengetahui-akun-fake-atau-bukan. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.
  2. Agustinus Rangga Respati. “Cerita Korban Penipuan yang Catut Bea Cukai, Beli Koper lewat Instagram, Bayar Berkali-kali hingga Rugi Rp 40 juta”. https://money.kompas.com/read/2022/12/23/054937626/cerita-korban-penipuan-yang-catut-bea-cukai-beli-koper-lewat-instagram-bayar?page=all. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.
  3. CNN Indonesia. “8 Ciri Akun Penipu di Instagram, Salah Satunya Tutup Kolom Komentar”. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20221003143521-192-855731/8-ciri-akun-penipu-di-instagram-salah-satunya-tutup-kolom-komentar. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023.