Penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara cek link penipuan supaya tidak menjadi korban. Sebab, saat ini marak terjadinya penipuan melalui link yang dikirimkan melalui WhatsApp atau sosial media lainnya. Selain itu, masyarakat juga perlu memahami upaya pencegahan agar tidak menjadi korban link penipuan. Mari pahami cara cek link penipuan dan cara mencegah terjerat link penipuan dalam pembahasan berikut ini.

Cek Link Penipuan Dengan Mudah dan Efektif

Cek link penipuan harus dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan. Sebab, penipuan dengan modus menggunakan link ini sering terjadi dan sangat merugikan masyarakat. Ketika korban membuka link dan mengisi data, maka pelaku dapat mencuri data pribadi korban dan mengambil alih akun. Hal ini membuat saldo Anda di e-wallet tidak aman. Selain itu, metode penipuan link phising juga dapat menguras saldo m-banking Anda. Bahkan, dengan membuka link penipuan tersebut juga dapat menimbulkan munculnya virus bahkan serangan malware pada perangkat Anda.

Terdapat beberapa cara untuk cek link penipuan dengan mudah dan efektif. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Cek URL yang Digunakan

Umumnya, situs yang menggunakan tag HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) lebih aman dibandingkan situs yang menggunakan tag HTTP saja. Selain itu, situs terpercaya juga memiliki simbol gembok atau keterangan “connection is secured”.

Cara Cek Link Penipuan dengan Menggunakan Google

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk cek link penipuan dengan menggunakan Google untuk memastikan link aman dari malware atau phising:

  1. Kunjungi laman https://transparencyreport.google.com/;
  2. Salin link ke kolom cek status;
  3. Klik ikon pencarian;
  4. Kemudian, google menampilkan status situs tersebut. Apabila link aman, akan muncul tulisan “tidak ditemukan konten yang tidak aman.”

Cara Cek Link Penipuan dengan Menggunakan Whois

Website whois dapat digunakan untuk mencari informasi soal sebuah website. Cara ini dapat digunakan untuk memastikan link yang dikirim sesuai dengan narasi yang menyertakan di WhatsApp atau media sosial lain:

  1. Kunjungi situs https://www.whois.com/;
  2. Masukkan link yang ingin dicek di bagian “Enter domain or IP”;
  3. Klik pencarian;
  4. Lalu, Anda dapat melihat laporan dari situs tersebut.

Mencegah Agar Tidak Menjadi Korban Link Penipuan

Setelah memahami beberapa cara cek link penipuan, selanjutnya penting pula untuk mengetahui cara mencegah link penipuan. Berikut beberapa upaya untuk mencegah link penipuan:

  1. Melindungi informasi pribadi. Anda dapat menjaga informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, nomor identitas, dan password dengan baik dan jangan memberikan informasi tersebut kepada siapa pun yang tidak dikenal. 
  2. Verifikasi sumber. Pastikan bahwa email atau pesan teks yang  chat yang mengirimkan link tersebut benar-benar berasal dari sumber yang dapat dipercayai sebelum memberikan informasi pribadi atau uang.
  3. Jaga keamanan software. Instal software keamanan yang baik seperti antivirus dan firewall untuk melindungi komputer dari virus dan malware.
  4. Lakukan perlindungan password. Anda sebaiknya menggunakan password yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online yang dimiliki.
  5. Pelajari tentang penipuan. Belajar tentang berbagai jenis penipuan cyber dan cara untuk mengidentifikasi dan mencegahnya.
  6. Jangan tergiur iming-iming. Jangan tergiur oleh tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, seperti investasi atau hadiah yang tidak realistis.
  7. Berhati-hati dengan email yang tidak dikenal. Jangan membuka email atau lampiran dari pengirim yang tidak dikenal karena ini bisa mengandung virus atau malware.
  8. Beli produk dari situs web yang dapat dipercayai. Beli produk hanya dari situs web yang dapat dipercayai dan berhati-hatilah dengan situs web palsu yang mencoba mengumpulkan informasi pribadi.

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Untuk permasalahan hukum terkait Pidana, Perqara telah menangani lebih dari 2.200 kasus. Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Hukum Gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum terkait permasalahan ini, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis hanya di Perqara. Dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Tips Terhindar dari Penipuan Telepon dan Cara Melacak Nomornya

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Referensi

  1. Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia. “9 Cara Tahu Link Berbahaya atau Tidak, Cek Biar Tak Terjebak”. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230703085101-37-450615/9-cara-tahu-link-berbahaya-atau-tidak-cek-biar-tak-terjebak. Diakses pada 02 Oktober 2023.