Pinjaman online atau yang biasa disebut dengan pinjol saat ini membuat sebagian masyarakat tergiur untuk mendapatkan dana dengan cepat dan mudah. Namun, kehadiran pinjol juga cukup meresahkan. Sebab, banyak oknum yang menjadikan pinjol sebagai modus penipuan dan aplikasi pinjol juga dapat memiliki data pribadi penggunanya. Apabila data pribadi Sobat sudah terlanjur masuk ke aplikasi pinjaman online, Sobat tidak perlu panik. Artikel ini akan membahas cara menghapus data dari pinjol atau pinjaman online yang dapat Sobat lakukan dengan mudah.

Baca juga: Simak Hukum Tidak Membayar Utang dan Cara Mencegahnya!

Pentingnya Menghapus Data dari Pinjaman Online

Tidak hanya masalah SMS penawaran produk ke nomor telepon saja, ada banyak peminjam merasa terganggu atas penagihan pembayaran yang kurang beretika melalui SMS dan WA ke nomor HP yang dilakukan oleh instansi pinjol.

Aplikasi pinjol sering mengakses daftar nomor telepon yang tersimpan pada HP pengguna yang mengakibatkan debt collector menghubungi keluarga atau kerabat terdekat peminjam dalam melakukan penagihannya. Apabila debt collector menghubungi atasan, rekan kerja, atau bahkan partner bisnis untuk melakukan penagihan, tentunya hal ini menyebabkan pencemaran nama baik pengguna. Penagihan dengan cara ini juga bisa dibilang sebagai serangan mental agar peminjam merasa malu.

Untuk itu, penting bagi pengguna untuk tahu cara menghapus data dari pinjaman online agar sewaktu-waktu mereka terkena teror pinjol, mereka dapat mengatasinya dengan cepat.

Pahami dan Waspada Atas Perizinan Aplikasi Pinjol

Sebelum membahas mengenai cara menghapus data dari pinjaman online, sebaiknya Sobat pahami terlebih dahulu terkait perizinan aplikasi pinjol. Umumnya, setiap kali mengunduh aplikasi, Sobat Perqara akan menerima permintaan akses tertentu begitu pun juga dengan legalitas dan perizinan aplikasi pinjol yang sebaiknya dipahami.

Permintaan akses tersebut biasanya meminta untuk mendapatkan akses ke jaringan internet, nomor kontak, lokasi, hingga SMS dan telepon. Bahkan, ada beberapa pinjol yang meminta akses ke akun social media, akun e-commerce hingga akses internet banking milik pengguna. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya.

Apabila pengguna menolak persetujuan, bisa dipastikan aplikasi yang terinstall tidak bisa digunakan secara optimal. Jangankan untuk memperoleh persetujuan pinjaman, sekedar melakukan pendaftaran saja bisa otomatis ditolak. Hal tersebut akan memaksa pengguna untuk memberikan izin akses yang mereka minta. Berikut beberapa hal yang diminta oleh pihak aplikasi pinjol untuk diakses, yaitu:

  • Kontak, untuk membaca nomor kontak ponsel.
  • Lokasi, perkiraan lokasi berbasis jaringan dan GPS.
  • Melihat informasi sambungan WIFI.
  • Mengambil gambar dan video melalui kamera ponsel.
  • Akses foto, media, file dari ponsel pengguna.
  • Izin akses penyimpanan baik memodifikasi maupun menghapus konten.
  • Melakukan panggilan nomor telepon secara langsung.
  • Membaca identitas dan status ponsel.
  • Membaca ID perangkat dan informasi panggilan.
  • Dan lain sebagainya.

Namun, banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa dengan banyaknya akses data yang diminta oleh aplikasi pinjol di atas, data dalam HP mereka menjadi salah satu jaminan pinjaman.

Menghapus Izin Akses Data Aplikasi Pinjol

Berikut langkah-langkah menghapus izin akses data kontak aplikasi pinjol dari ponsel dapat Sobat lakukan:

  1. Cara pertama silakan masuk ke menu setelah atau “Setting” di smartphone kamu.
  2. Pilih menu menu “App” atau “Aplikasi”.
  3. Kemudian pilih “Kelola Aplikasi” 
  4. Cari nama aplikasi pinjaman online yang ingin diubah akses izinnya
  5. Masuk ke perizinan dengan cara ketuk menu “Perizinan Aplikasi” atau “Perizinan Apl”.
  6. Pilih satu per satu akses perizinan lalu matikan semua izin aplikasi tersebut.
  7. Setelah memutus perizinan aplikasi pinjaman online tersebut, aplikasi sudah tidak bisa lagi mengakses data dan kontak Anda.

Cara Menghapus Data Dari Pinjol

Selain menghapus izin akses data aplikasi pinjol, perlu diketahui juga terkait cara menghapus data dari pinjaman online. Berikut cara menghapus data pribadi di pinjaman online yang dapat Sobat lakukan:

  1. Cara pertama lunasi dulu tagihan di aplikasi pinjol tersebut.
  2. Ajukan permohonan penghapusan data pribadi dengan cara menghubungi customer service pinjaman online.
  3. Cara ketiga uninstall aplikasi pinjol agar tidak dapat lagi mengakses data ponsel.
  4. Jika cara tersebut belum berhasil ganti nomor ponsel dengan sim card baru.
  5. Hapus akun media social dari ponsel baik Whatsapp, Facebook, Instagram, hingga Twitter.
  6. Cara pungkasan bisa kalian coba dengan mereset HP ke pengaturan pabrik.
  7. Belum mempan juga? Laporkan penyalahgunaan data pribadi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Untuk permasalahan hukum terkait Perdata, Perqara telah menangani lebih dari 1.500 kasus. Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Hukum Gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum terkait permasalahan ini, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis hanya di Perqara. Dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Pinjol Sebar Data Diri? Ketahui Cara Melaporkannya!

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Referensi

  1. Ratih Ika Wijayanti. “Simak Cara Menghapus Data Pribadi dari Aplikasi Pinjaman Online”. https://www.idxchannel.com/milenomic/simak-cara-menghapus-data-pribadi-dari-aplikasi-pinjaman-online. Diakses pada tanggal 17 Juli 2023.