logo-perqara

Syarat & Ketentuan Perqara

Efektif pada 29 Juli 2022.

Selamat darang di Perqara,

MOHON UNTUK MEMBACA SELURUH SYARAT DAN KETENTUAN DENGAN CERMAT DAN SEKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN LAYANAN YANG TERSEDIA DALAM PERQARA

Dengan mengakses dan/atau mengunduh dan/atau mendaftar dan/atau menikmati Layanan, Anda setuju bahwa Anda telah membaca,memahami,mengetahui,menerima dan menyetujui seluruh informasi, syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan penggunaan Perqara yang terdapat dalam Syarat & Ketntuan ini. Jika Anda tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan Layanan

I. DEFINISI

Kecuali ditentukan lain dalam Syarat & Ketentuan,definisi ini berlaku:

  1. LIMA adalah PT LIMA VENTURA INDONESIA, suatu perseroan terbatas yang menjalankan usaha pengelola wadah yakni menawarkan jasa konsultasi hukum yang dilakukan oleh Penyedia Jasa. Penyedia Jasa bukan bagian dari LIMA.
  2. Perqara adalah aplikasi (versi Android), dan situs yang dikelola oleh LIMA.
  3. Syarat & Ketentuan adalah perjanjian sah antara Pengguna dan Penyedia Jasa dengan LIMA.
  4. Anda adalah perseorangan, badan hukum dan/atau organisasi yang merupakan (i) pengunjung, pembaca, pengguna Perqara, (ii) Pengguna, (iii) Penyedia Jasa dan/atau (iv) pihak lain yang menggunakan dan menerima Layanan .
  5. Akun adalah akun pada Perqara yang Anda peroleh setelah pendaftaran melalui Perqara untuk menerima layanan, baik sebagai Penyedia Jasa maupun Pengguna.
  6. Pengguna adalah pihak yang membuka tautan, menggunakan, mengakses Perqara, dan/atau mengajukan permohonan untuk mendapatkan Layanan dari Penyedia Jasa melalui Perqara.
  7. Penyedia Jasa adalah mitra LIMA yang menyediakan jasa konsultasi hukum yakni advokat yang telah memperoleh Berita Acara Sumpah dari Pengadilan Tinggi yang memiliki yurisdiksi untuk itu.
  8. Hari Kerja adalah hari selain Sabtu, Minggu dan hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  9. Jam Kerja adalah jam 08.00 - 18.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) pada setiap Hari Kerja.
  10. Informasi Pribadi adalah setiap dan seluruh data pribadi yang diberikan oleh Penyedia Jasa dan Pengguna yaitu nama, nomor identitas, lokasi, informasi kontak, kartu tanda penduduk, detail permasalahan hukum, serta dokumen dan data lainnya sebagaimana diminta pada formulir pendaftaran Akun atau halaman lainnya pada saat menggunakan Perqara.
  11. Kebijakan Privasi adalah suatu dokumen yang berisi kebijakan dan ketentuan mengenai privasi atas Layanan sebagaimana tercantum dalam Perqara.
  12. Layanan adalah seluruh jasa dan fitur yang disediakan oleh LIMA melalui Perqara yang melingkupi layanan bantuan hukum yakni: (i) konsultasi video call antara Pengguna dan Penyedia Jasa; (ii) pengiriman dokumen yang dikirimkan saat konsultasi berbasis internet (yang mana demi kepentingan Pengguna dan Penyedia Jasa, seluruh dokumen akan disimpan selama 1 (satu) x 24 jam setelah konsultasi berakhir); (iii) konsultasi melalui fitur pesan antara Pengguna dan Penyedia Jasa (yang mana demi kepentingan Pengguna dan Penyedia Jasa, seluruh riwayat pesan akan disimpan selama 1 (satu) x 24 jam setelah konsultasi berakhir) dan (iv) layanan lainnya yang LIMA dapat tambahkan dan akan ada pada Perqara dari waktu ke waktu.
  13. Materi adalah seluruh tulisan, gambar, rekaman, konten, panduan, artikel, penjelasan dan/atau keterangan lainnya sehubungan dengan Layanan yang ada pada Perqara.

II. KETENTUAN UMUM AKSES DAN LAYANAN

  1. Perqara adalah wadah yang dikelola oleh LIMA yang diperuntukan untuk mempertemukan pihak yang membutuhkan jasa hukum dengan Penyedia Jasa. Perqara menyediakan akses bagi Penyedia Jasa dan Pengguna untuk melakukan kolaborasi, komunikasi, dan penyediaan konsultasi hukum secara daring. Perqara juga merupakan wadah bagi Pengguna untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, dan berita terkini, termasuk namun tidak terbatas pada bidang hukum, politik, ekonomi, dan lainnya.
  2. LIMA bukan merupakan firma hukum, sehingga LIMA tidak menyediakan jasa hukum secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, Anda memahami dan menyetujui bahwa:
    1. Pemberian dan/atau pelaksanaan Layanan oleh LIMA tidak menimbulkan hubungan advokat dan klien antara LIMA dan Anda sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat, sehingga LIMA tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun terkait dengan jasa hukum yang diberikan oleh Penyedia Jasa kepada Anda.
    2. Penyedia Jasa bukan merupakan kuasa, pihak terafiliasi, perwakilan, maupun karyawan dari LIMA, dan oleh karenanya LIMA tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas seluruh tindakan, jasa dan perilaku Penyedia Jasa berikut dengan segala akibat hukumnya.
    3. Perqara hanya sebatas wadah yang menghubungkan Penyedia Jasa dengan Pengguna sehingga segala kualitas Layanan yang diberikan oleh Penyedia Jasa tidak dapat dipertanggungjawabkan dan dikaitkan oleh dan dengan Perqara.
  3. LIMA bukan merupakan agen tenaga kerja.
  4. LIMA tidak menawarkan dan/atau memiliki keahlian dalam memberikan saran atau pendapat hukum terkait dengan masalah hukum Anda. Keterangan melalui Materi dan/atau Layanan ditujukan untuk memberikan keterangan atau informasi secara umum. LIMA tidak menjamin kebenaran, kelengkapan serta ketepatan seluruh informasi yang ada pada Perqara. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas pemanfaatan keterangan dan informasi pada Materi dan/atau Layanan yang ada dalam Perqara.
  5. LIMA tidak berjanji dan menjamin bahwa permasalahan hukum Pengguna dapat terselesaikan melalui Layanan yang disediakan pada Perqara.
  6. LIMA akan mengupayakan agar Anda dapat mengakses dan/atau menggunakan Perqara tanpa gangguan dan hambatan, namun tidak menjamin bahwa tidak akan ada gangguan dan/atau hambatan. Dengan ini Anda mengerti bahwa sehubungan dengan peningkatan layanan dan kualitas Perqara, situs dan aplikasi Perqara dapat diperbaiki, dihentikan sementara, maupun ditangguhkan dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  7. Pengguna dapat menggunakan Layanan setelah memesan Layanan yang tersedia dalam Platform.

AKUN DAN KEAMANAN

  1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Anda setuju untuk menjadi Pengguna atau Penyedia Jasa sesuai dengan Syarat & Ketentuan ini.
    2. Anda memahami bahwa 1 (satu) alamat surat elektronik hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) Akun.
    3. Akun tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, sehingga LIMA tidak bertanggung jawab atas penggunaan Akun Anda oleh pihak lain dengan alasan apapun.
    4. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas keamanan kata sandi Akun Anda dan segala aktivitas yang dilakukan oleh Akun Anda. Anda setuju untuk melapor dan memberitahukan kepada LIMA jika terdapat dugaan dan/atau tindakan penggunaan akun tidak sah, perusakan dan pelanggaran keamanan tanpa persetujuan Anda.
    5. Anda tidak akan melakukan perbuatan meretas, memodifikasi, menerobos akses dan/atau perbuatan lainnya yang melawan hukum terhadap Perqara.
  2. Anda sebagai Pengguna menyatakan dan menjamin serta bertanggung jawab atas segala data dan/atau Informasi Pribadi Anda yang telah Anda berikan dan isi pada formulir atau halaman apapun pada Perqara adalah benar, valid, akurat, tidak menyesatkan dan telah diperoleh secara sah menurut hukum.
  3. Anda mengerti bahwa pemberian data dan/atau Informasi Pribadi yang tidak benar, kabur, menyesatkan dan tidak diperoleh secara sah menurut hukum dapat ditindak menurut hukum yang berlaku di Indonesia, dan oleh karenanya Anda bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas seluruh akibat hukum sehubungan dengan data dan/atau informasi yang tidak benar tersebut.
  4. LIMA tidak memungut biaya pendaftaran Akun.
  5. LIMA tidak bertanggungjawab dan tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban oleh Anda dan/atau pihak manapun atas:
    1. Segala akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan Perqara yang meliputi namun tidak terbatas pada validasi, keakuratan dan kebenaran Materi, hasil dari Layanan yang diperoleh oleh Penyedia Jasa, analisa yang diberikan oleh Penyedia Jasa, perilaku Penyedia Jasa, penyelesaian yang disarankan oleh Penyedia Jasa atau yang dilakukan oleh Pengguna yang didasarkan atas analisa Penyedia Jasa.
    2. Tidak dapat diaksesnya Perqara yang disebabkan oleh namun tidak terbatas pada bug, phising, malware, gangguan virus, dan sejenisnya, serta gangguan lain yang berada di luar kekuasaan LIMA dan dapat mempengaruhi beroperasinya Perqara.

PELAKSANAAN DAN PENGAKHIRAN LAYANAN

  1. Dalam pelaksanaan pemberian Layanan oleh Penyedia Jasa, Pengguna dan Penyedia Jasa akan membentuk hubungan advokat dan klien. Oleh karenanya Pasal 19 Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat dan Pasal 4 huruf h Kode Etik Advokat akan diberlakukan. Sehingga, seluruh percakapan antara Pengguna dan Penyedia Jasa wajib dirahasiakan dan terlindungi secara hukum.
  2. Layanan yang diberikan oleh Penyedia Jasa merupakan konsultasi hukum dan/atau bantuan hukum sebagaimana dalam Pasal 1 ayat 2 Undang Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat.
  3. Anda menjamin bahwa Anda tidak akan mengirim pesan elektronik, dokumen dan/atau data lainnya yang berisi seperti namun tidak terbatas pada virus, bug, malware, phising, skrip dalam bentuk apapun yang dapat merusak, mengganggu, mengancam dan/atau memberikan dampak buruk pada Perqara baik sebagian maupun secara keseluruhan.
  4. Layanan probono yang telah dipesan dan terkonfirmasi hanya dapat digunakan pada jadwal yang telah Anda pilih dan tidak dapat dijadwalkan ulang.
  5. LIMA tidak merekam, mengarsipkan dan/atau memiliki akses pada segala percakapan lisan antara Penyedia Jasa dan Pengguna dalam Perqara, baik dalam bentuk video maupun audio. Dengan demikian, Anda mengerti bahwa LIMA tidak memiliki wewenang dan tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas segala percakapan, materi, diskusi, dan hal-hal yang dibicarakan dan disampaikan dalam percakapan tersebut.
  6. Demi kepentingan perlindungan hukum Pengguna dan juga peningkatan kualitas Layanan dan Penyedia Jasa, Anda mengerti bahwa Perqara akan secara otomatis menyimpan dan mengarsipkan hal-hal berikut:
    1. Dokumen yang telah dikirim dan diterima oleh dan antara Pengguna dan Penyedia Jasa selama selama 1 (satu) x 24 (dua puluh empat) jam setelah Layanan diselesaikan.
    2. Riwayat pesan selama 1 (satu) x 24 (dua puluh empat) jam setelah konsultasi berakhir pada server LIMA. Setelah waktu tersebut, dokumen serta riwayat pesan akan dihapus secara permanen. Oleh karenanya, Pengguna disarankan untuk mengunduh dokumen dan/atau riwayat pesan sebelum dihapus oleh LIMA.
  7. Layanan akan diakhiri dan/atau berakhir apabila salah satu dari hal berikut terpenuhi:
    1. Pengguna tidak menghadiri dan/atau menggunakan Layanan yang telah ia pesan sampai waktu Layanan berakhir.
    2. Pengguna dinilai oleh LIMA telah melakukan pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan dan/atau peraturan perundangan yang berlaku.
    3. Layanan telah selesai diberikan oleh Penyedia Jasa.

III. BIAYA LAYANAN

  1. Koneksi Internet diperlukan untuk mengakses Perqara dan/atau menggunakan Layanan dan biaya terkait penggunaan koneksi internet berupa biaya pulsa, biaya telekomunikasi dan/atau biaya lainnya ditanggung sepenuhnya oleh Anda.
  2. Pengguna tidak dikenakan biaya apapun dalam menggunakan Layanan.

IV. SITUS PIHAK KETIGA

  1. Perqara mungkin memiliki tautan-tautan ke situs-situs lain yang dimiliki dan/atau dioperasikan oleh pihak ketiga. LIMA tidak menjamin atau memberikan pernyataan atau bertanggung jawab atas konten baik isi, kualitas, keabsahan, keakuratan, kelayakan, produk, layanan dan pernyataan lain tentang situs pihak ketiga dan kontennya. LIMA tidak bertanggung jawab untuk konten yang diberikan oleh pihak ketiga.
  2. Jika Anda memutuskan untuk meninggalkan Perqara dan mengakses situs pihak ketiga, maka Anda bertanggungjawab atas segala risiko yang timbul akibat pemakaian situs pihak ketiga. Syarat & Ketentuan ini tidak berlaku pada situs pihak ketiga.

V. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

  1. LIMA adalah pemegang hak atas kekayaan intelektual yang terdapat di dalam Perqara termasuk dan tidak terbatas pada hak cipta, paten dan merek yang dilindungi undang-undang Republik Indonesia. Anda tidak diperkenankan untuk menyalin, mengunduh, menggunakan, memodifikasi, menyebarkan dan/atau menjual bagian atau seluruh dari Materi dan/atau Perqara tanpa persetujuan tertulis dari LIMA.
  2. Merek, grafik dan hak cipta yang lainnya yang dipergunakan berkaitan dengan Layanan dan Perqara barangkali dimiliki oleh pihak ketiga.
  3. LIMA dapat mengambil tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terkait dengan hak kekayaan intelektual dalam Materi dan Perqara.

VI. PEMBEBASAN

Anda menyatakan bahwa:

  1. LIMA, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi, dan/atau perwakilannya tidak bertanggung jawab dan/atau tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas klaim, tuntutan, gugatan, kerugian (baik langsung atau tidak langsung, materiil atau immateriil) dan kewajiban dalam bentuk apapun oleh Anda dan/atau pihak manapun yang diakibatkan karena atau sehubungan dengan (i) Materi, (ii) Layanan, (iii) Kelalaian Anda untuk memenuhi Syarat & Ketentuan, (iv) keterangan, pernyataan dan lainnya yang diberikan oleh Anda dinilai atau ditemukan tidak benar, (v) penggunaan Akun Anda oleh pihak lain, (vi) gangguan dan/atau kegagalan operasional Perqara, (vii) kunjungan dan/atau penggunaan Perqara oleh Anda, atau (vii) tindakan Anda yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  2. Dalam hal adanya pemberian kuasa oleh Anda selaku Pengguna kepada LIMA, karyawan LIMA atau pihak lain yang ditunjuk oleh LIMA untuk melakukan tindakan untuk dan atas nama Pengguna sehubungan dengan Layanan bahwa :
    1. Penerima kuasa termasuk substitusinya terbebas dari segala klaim, tuntutan, gugatan dan kerugian (baik langsung atau tidak langsung, materiil atau immateriil) dan/atau kewajiban dalam bentuk apapun atas segala hal yang diakibatkan oleh pemberian kuasa tersebut.
    2. LIMA, direksi, komisaris, karyawan, mitra, afiliasi, dan/atau perwakilannya dan/atau pihak lain yang ditunjuk oleh Pengguna tidak akan menjadi suatu pihak dalam satu atau lebih sengketa yang melibatkan Pengguna.

Ketentuan ini akan tetap berlaku meskipun terjadi pengakhiran Layanan dan/atau penutupan Akun.

VII. PEMBAHARUAN

Syarat & Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. LIMA sangat menganjurkan Anda untuk membaca secara seksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan yang ada. Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan yang ada pada Syarat & Ketentuan dengan tetap mengakses Perqara dan/atau menggunakan Layanan.

VIII. KEADAAN KAHAR

  1. Setiap Pihak tidak akan dianggap melanggar Syarat & Ketentuan ini jika ada kegagalan total atau sebagian dari tugas dan kewajiban berdasarkan Syarat & Ketentuan ini yang disebabkan oleh kebakaran, tindakan pemerintah atau negara, perang, huru hara, pemberontakan, gempa bumi, tsunami, embargo, perselisihan perburuhan, terorisme, pemogokan, kegagalan komputer, pelanggaran keamanan (peretasan) yang melanggar hukum, yang terjadi saat ini atau di masa depan yang berada di luar kendali Pihak tersebut.
  2. Setiap Pihak tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi sehubungan dengan Peristiwa Keadaan Kahar oleh Pihak lainnya.

IX. PILIHAN HUKUM DAN PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Syarat & Ketentuan ini tunduk pada dan oleh karenanya harus ditafsirkan berdasarkan pada ketentuan hukum Republik Indonesia.
  2. Apabila timbul perselisihan mengenai penafsiran dan/atau pelaksanaan Syarat & Ketentuan maka akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.
  3. Apabila perselisihan tersebut diatas tidak dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan/atau musyawarah untuk mufakat, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang beralamat di Wahana Graha Lt.1&2, Jl. Mampang Prpt. Raya No. 2, RT.2/RW.1, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760.

X. KETERPISAHAN

Apabila terdapat suatu ketentuan atau persyaratan dalam Syarat & Ketentuan ini ternyata tidak berlaku secara hukum dan/atau tidak dapat dilaksanakan dan/atau tidak sah, maka ketentuan lainnya dalam Syarat & Ketentuan tetap berlaku.

XI. PEMBERITAHUAN DAN KOMUNIKASI

  1. Jika Anda memiliki pertanyaan ataupun keluhan tentang (i) Syarat & Ketentuan ini; (ii) peraturan-peraturan LIMA, (iii) hak Anda, dan lainnya. Silahkan mengirim surat elektronik (e-mail) kepada LIMA di: cs@perqara.com atau call center LIMA di +6281284595681 (WhatsApp) pada Hari Kerja dan Jam Kerja.
  2. LIMA tidak memiliki kewajiban namun berhak untuk menjawab, membalas pesan, mengirim surat elektronik, mengirim dokumen dalam bentuk apapun kepada Anda mengenai Layanan di luar Jam Kerja dan Hari Kerja.

Kontak Kami

PT Lima Ventura Indonesia

Senopati, Jakarta Selatan

Whatsapp: +6281284595681

Email: cs@perqara.com

Gabung Menjadi Advokat?

Jakarta, Indonesia

2022 Perqara. Hak Cipta Dilindungi