Bingung bagaimana cara mengurus akta kelahiran anak yang lahir dari pernikahan siri? Jangan khawatir, artikel ini akan memandu Sobat terkait proses dan persyaratan yang diperlukan untuk akta lahir anak nikah siri. Memiliki akta lahir anak nikah siri sangat penting untuk memberikan hak-hak sipil kepada seorang anak, seperti akses pendidikan, kesehatan, dan identitas yang sah. Yuk pahami cara mengurus akta lahir anak nikah siri berikut!

Baca juga: Cara Mengurus Hak Anak dari Pernikahan Nikah Siri

Mengapa akta kelahiran penting?

BLOG PICT 2024 10 04T155408.084 2
Mengapa akta kelahiran penting? (Sumber: shutterstock)

Akta kelahiran merupakan dokumen resmi yang menyatakan keberadaan dan identitas seseorang sejak lahir. Bagi anak yang lahir dari pernikahan siri, akta kelahiran memiliki beberapa manfaat penting, yaitu:

  1. Akta kelahiran sebagai identitas hukum. Akta kelahiran memberikan anak identitas hukum yang diakui negara.
  2. Akses layanan publik, sebab dengan memiliki akta kelahiran, anak dapat mengakses berbagai layanan publik seperti pendidikan, kesehatan, dan administrasi kependudukan.
  3. Perlindungan hukum. Akta kelahiran menjadi bukti sah mengenai keberadaan dan hubungan keluarga anak.
  4. Berkaitan dengan warisan. Di kemudian hari, akta kelahiran dapat menjadi dasar untuk mengklaim hak waris.

Baca juga: Konsekuensi Nikah Siri Bagi Istri dan Anak: Dampak Hukum dan Sosial

Tantangan mengurus akta kelahiran anak dari nikah siri

Mengurus akta kelahiran anak dari pernikahan siri seringkali dihadapkan pada beberapa tantangan. Berikut beberapa tantangan mengurus akta kelahiran anak nikah siri:

  1. Proses yang lebih rumit. Pernikahan siri tidak terdaftar di negara, hanya sah secara hukum agama. Akibatnya anak hingga istri dari perkawinan siri tidak memiliki legalitas di mata negara. Hal ini menyebabkan proses pengurusan akta kelahiran menjadi lebih rumit.
  2. Persyaratan tambahan. Selain dokumen umum, seringkali dibutuhkan dokumen tambahan untuk membuktikan hubungan keluarga antara anak dan orang tua.

Baca juga: Contoh dan Cara Membuat Surat Pernyataan Nikah Siri

Langkah-langkah mengurus akta kelahiran anak dari nikah siri

BLOG PICT 2024 10 04T155425.580
Langkah-langkah mengurus akta kelahiran anak dari nikah siri (Sumber: shutterstock)

Secara umum, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengurus akta kelahiran anak dari pernikahan siri adalah sebagai berikut:

  1. Suami-istri harus lebih dulu membuat Kartu Keluarga (KK), dengan keterangan kawin belum tercatat;
  2. Kemudian, membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), sebagai kebenaran pasangan suami istri diketahui dua orang saksi;
  3. Selain itu, suami-istri dapat melakukan itsbat nikah di pengadilan agama, jika ingin mencatatkan perkawinannya secara negara. Hal ini dapat memperkuat bukti status anak-anaknya agar menjadi sah;
  4. Kumpulkan dokumen persyaratan. Siapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti KTP orang tua, kartu keluarga, surat keterangan lahir dari bidan atau dokter, dan surat pernyataan dari saksi.
  5. Datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Kunjungi kantor Disdukcapil setempat untuk mengajukan permohonan pembuatan akta kelahiran.
  6. Isi formulir permohonan. Isi formulir permohonan dengan lengkap dan benar.
  7. Tunggu proses pembuatan. Setelah semua persyaratan lengkap, petugas Disdukcapil akan memproses permohonan Anda.

Baca juga: Hukum Nikah Siri Tanpa Sepengetahuan Keluarga: Apa Saja Risikonya?

Dokumen yang diperlukan untuk mengurus akta kelahiran anak dari nikah siri

Dokumen yang umumnya diperlukan untuk mengurus akta kelahiran anak dari pernikahan siri antara lain:

  1. Surat keterangan kelahiran;
  2. KTP kedua orang tua;
  3. Kartu Keluarga;
  4. Surat keterangan lahir dari rumah sakit atau surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM) kebenaran pasangan suami istri diketahui dua orang saksi;
  5. Surat keterangan nikah siri dari pemuka agama.

Baca juga: Ketahui 4 Ciri-Ciri Surat Nikah Siri Palsu

Berapa lama proses pembuatan akta anak dari nikah siri 

Lama waktu proses pembuatan akta kelahiran anak dari pernikahan siri dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas kasus dan kebijakan masing-masing daerah. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Baca juga: Bingung Cara Cerai Nikah Siri? Simak Artikel Ini!

Biaya mengurus pembuatan akta anak dari nikah siri 

Umumnya, biaya mengurus pembuatan akta nikah siri ini gratis. Namun, apabila pengajuan pembuatan akta kelahiran ini melebihi waktu yang telah ditentukan yaitu 60 hari sejak tanggal kelahiran, maka terdapat biaya yang harus dibayarkan. Biaya yang harus dikeluarkan ini sesuai dengan peraturan daerah masing-masing.

Baca juga: Hukum Jasa Nikah Siri di Indonesia

Perqara telah melayani lebih dari 11.500 konsultasi hukum

Untuk permasalahan hukum terkait Perkawinan dan Perceraian, Perqara telah menangani lebih dari 2.000 kasus. Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi hukum gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum atau pertanyaan lebih lanjut terkait akta lahir anak nikah siri, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis hanya di Perqara. Download aplikasi Perqara sekarang dan dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Cara Dan Syarat Mengurus Akta Cerai Tanpa Buku Nikah

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Dasar hukum

  1. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 Tentang Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil.