Perkembangan teknologi saat ini menjadikan berbagai pelayanan menjadi serba digital. Salah satu pelayanan yang mengalami digitalisasi adalah konsultasi hukum. Hal ini tentunya mempermudah masyarakat maupun perusahaan untuk mendapatkan konsultasi hukum secara online. Tidak hanya membantu konsumen atau orang-orang yang membutuhkan konsultasi hukum, konsultasi hukum online juga mempermudah dan membantu para pengacara atau perusahaan bidang hukum dalam mendapatkan klien serta memberikan layanan yang lebih baik.

Saat ini, banyak startup teknologi hukum telah membantu masyarakat yang ingin berkonsultasi hanya dengan melalui telepon genggam atau aplikasi, Perqara pun merupakan salah satunya. Lantas, bagaimana cara mendapatkan konsultasi hukum online? Apa saja persiapan yang harus dilakukan? Simak pada artikel berikut ini.

Definisi Konsultasi Hukum Online

Konsultasi hukum online merupakan pelayanan jasa hukum berupa nasihat, penjelasan, informasi atau petunjuk secara online melalui aplikasi maupun website oleh pengacara maupun ahli hukum kepada masyarakat yang membutuhkan konsultasi sesuai dengan permasalahan hukum yang sedang dihadapi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Konsultasi hukum online bisa dilakukan melalui chat, voice call, ataupun video call. Penggunaan berbagai teknologi ini tentunya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan nasihat, penjelasan, informasi atau petunjuk yang lebih cepat dan menghemat waktu.

Keuntungan Konsultasi Hukum Online

Pada bagian sebelumnya, telah disinggung sedikit mengenai keuntungan konsultasi hukum online. Berikut penjelasan mengenai keuntungan konsultasi hukum online yang perlu diketahui:

  1. Hemat Waktu dan Tenaga

Konsultasi hukum yang dilakukan secara online tentunya membuat masyarakat selaku klien lebih hemat waktu dan tenaga. Sebab, mereka tidak perlu mempersiapkan diri dan menempuh perjalanan ke kantor hukum yang dituju. Konsultasi hukum dapat dengan mudah dilakukan melalui website ataupun aplikasi yang telah disediakan.

  1. Hemat Biaya

Kemudahan konsultasi hukum online ini juga menghemat biaya. Klien tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk sampai ke kantor hukum yang dituju. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk konsultasi hukum online juga relatif lebih murah dibandingkan datang langsung ke kantor hukum, bahkan saat ini terdapat platform yang menyediakan konsultasi hukum online secara gratis bebas syarat seperti di perqara.com. Hal ini tentunya menjadi dambaan setiap masyarakat yang mengalami permasalahan hukum namun tidak memiliki kemampuan untuk membayar biaya konsultasi hukum dengan pengacara yang ahli.

  1. Lebih Praktis

Selain menghemat waktu, tenaga, dan biaya, tentunya konsultasi hukum online juga lebih praktis karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun selama klien memiliki perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, atau komputer serta jaringan internet yang lancar. Klien juga dapat berkonsultasi selayaknya konsultasi langsung melalui fitur yang telah disediakan seperti voice call ataupun video call.

Cara Konsultasi Hukum Online

Pahami cara konsultasi hukum online berikut ini:

  1. Pilih platform konsultasi hukum online yang terpercaya, seperti perqara.com;
  2. Buka situs website atau download aplikasi platform konsultasi hukum online;
  3. Daftar dan buat akun, isi data yang diperlukan sesuai dengan petunjuk pada website ataupun aplikasi;
  4. Pilih advokat yang tersedia pada website ataupun aplikasi konsultasi hukum online;
  5. Pastikan advokat yang dipilih sesuai dengan kategori masalah yang dihadapi;
  6. Pilih fitur yang diinginkan untuk berkonsultasi seperti voice call, ataupun video call;
  7. Tulis detail masalah yang sedang dihadapi pada kolom chat yang tersedia;
  8. Pilih metode pembayaran apabila konsultasi tersebut berbayar dan lakukan proses pembayaran. Apabila konsultasi hukum online tersebut gratis seperti di perqara.com, tidak perlu melakukan pembayaran, tekan tombol proses pembayaran hanya untuk mengkonfirmasi pemesanan konsultasi;
  9. Lalu, akan muncul pop up notifikasi untuk memastikan pilihan dan data yang dimasukan sudah benar;
  10. Setelah itu, tunggu konfirmasi dari advokat;
  11. Jika advokat menerima permintaan konsultasi, langsung sampaikan permasalahan hukum dengan advokat melalui chat, voice call atau video call selama waktu yang ditentukan oleh masing-masing platform;
  12. Setelah selesai konsultasi, jangan lupa melihat hasil ringkasan dari konsultasi tersebut sebagai dasar perencanaan dalam mengatasi permasalahan hukum yang sedang dihadapi.

Persiapan untuk Konsultasi Hukum Online

Berikut persiapan untuk konsultasi hukum online yang penting untuk dipahami:

  1. Mencari tahu profil konsultasi hukum online

Pastikan jasa konsultasi hukum memiliki rekam jejak yang baik. Apakah penyedia jasa sudah legal atau belum, berpengalaman atau tidak. Jika memilih jasa konsultasi online, pastikan aplikasi atau web tersebut sudah terdaftar di Kominfo agar kerahasiaan data terjamin.

  1. Pilihlah platform konsultasi hukum yang terpercaya

Cara mengetahui bahwa jasa konsultasi hukum tersebut berkualitas atau tidak dapat dilakukan dengan mencari situs webnya. Sebab, situs web melambangkan profesionalitas suatu bidang usaha. Apabila ternyata memang ada, maka lihat penilaian klien yang sudah mereka tangani.

Selain itu, cari dan kunjungi media sosial penyedia jasa konsultasi hukum tersebut, cermati konten hukum yang mereka unggah untuk memastikan apakah penyedia jasa konsultasi hukum tersebut berkualitas atau tidak.

  1. Pastikan jasa konsultasi hukum menyediakan advokat yang kompeten

Pastikan bahwa penyedia jasa konsultasi secara transparan memberikan informasi para konsultan hukumnya. Pastikan bahwa konsultan-konsultan hukum tersebut memang memiliki kompetensi dalam bidang hukum yang mereka fokuskan melalui profil dan ulasan-ulasan klien.

  1. Pastikan kesesuaian tarif

Setelah memastikan jasa konsultasi hukum tersebut berkualitas dan memiliki kompetensi, pastikan tarif yang diajukan oleh penyedia jasa konsultasi hukum sesuai dengan kemampuan ekonomi. Sebab, setiap konsultan hukum memiliki tarif berbeda sesuai dengan performa dan kualitasnya. Selain itu, ada juga jasa konsultasi hukum yang memberikan jasanya secara cuma-cuma atau gratis seperti Perqara.

  1. Pahami masalah dan kebutuhan hukum

Sebelum berkonsultasi, penting untuk memahami masalah hukum yang sedang dihadapi. Sebab, setiap advokat, konsultan hukum, atau pengacara memiliki keahlian di bidang hukum tertentu. Untuk itu, pilihlah konsultan hukum dengan keahlian yang sesuai dengan perkara agar mendapatkan saran hukum yang tepat.

Contohnya, apabila masalah hukum yang sedang dihadapi berupa kasus pembatalan perjanjian, maka harus menemui pengacara di bidang hukum perdata, begitu pula dengan kasus penganiayaan, maka yang dibutuhkan adalah advokat yang berpengalaman menangani kasus pidana.

  1. Rangkai cerita permasalahan hukum yang sedang dihadapi

Hal ini dapat memudahkan advokat dalam memahami permasalahan hukum yang sedang dihadapi sehingga dapat memberikan nasihat, penjelasan, informasi atau petunjuk tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  1. Buatlah daftar pertanyaan yang diperlukan

Daftar pertanyaan akan memudahkan dalam berkonsultasi agar tidak lupa dengan apa saja yang ingin ditanyakan kepada advokat dan dapat membantu dalam mendapatkan jawaban yang lengkap sesuai dengan permasalahan hukum yang sedang dihadapi.

  1. Persiapkan barang bukti apabila ada

Barang bukti ini dapat mempermudah advokat dalam mengidentifikasi permasalahan sehingga dapat memberikan nasihat dan penjelasan apa yang harus dilakukan.  

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Jasa Konsultasi Hukum Online?

Konsultasi hukum online bisa dilakukan dan diakses oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, perusahaan, dan lain-lain. Namun, tentunya harus memiliki perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, atau komputer serta jaringan internet yang lancar. Konsultasi hukum online ini merupakan inovasi dan perkembangan yang sangat baik di bidang teknologi hukum yang bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Hukum Gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis bebas syarat hanya di Perqara. Dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Bisakah Konsultasi Hukum Gratis? Simak Caranya!

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Referensi

  1. BPSDM Hukum dan HAM. “Konsultasi Hukum Dan Bantuan Hukum”. https://bpsdm.kemenkumham.go.id/informasi-publik/publikasi/pojok-penyuluhan-hukum/konsultasi-hukum-dan-bantuan-hukum#:~:text=Konsultasi%20Hukum%20adalah%20pelayanan%20jasa,peraturan%20perundang%2Dundangan%20yang%20berlaku. Diakses pada tanggal 1 Agustus 2023.