Jasa konsultasi hukum kini sudah semakin banyak tersedia. Mulai dari konsultasi secara langsung atau offline hingga konsultasi hukum online melalui aplikasi. Kedua jenis konsultasi ini secara mendasar tidaklah berbeda. Berkat perkembangan teknologi, konsultasi online sudah bisa menjadi efisien layaknya konsultasi secara langsung ke kantor pengacara.

Terlepas dari kedua metode konsultasi di atas, jika Sobat Perqara akan memilih jasa konsultasi hukum, tentunya harus dilakukan dengan cermat dan selektif agar masalah hukum dapat teratasi dengan baik. Oleh sebab itu, simak beberapa tips memilih jasa konsultasi hukum beserta konsultan hukum berikut ini!

Cara Memilih Konsultasi Hukum

1. Mencari Tahu Profil Jasa Konsultasi Hukum

Pastikan jasa konsultasi hukum memiliki rekam jejak yang baik. Apakah penyedia jasa sudah legal atau belum, berpengalaman atau tidak. Jika memilih jasa konsultasi online, pastikan aplikasi atau web tersebut sudah terdaftar di Kominfo agar kerahasiaan data Anda terjamin.

2. Pilih Jasa Konsultasi Hukum Yang Berkualitas

Cara mengetahui bahwa jasa konsultasi hukum tersebut berkualitas atau tidak dapat dilakukan dengan mencari situs webnya. Sebab, situs web melambangkan profesionalitas suatu bidang usaha. Apabila ternyata memang ada, maka lihat penilaian klien yang sudah mereka tangani.

Selain itu, Anda dapat juga mencari dan mengunjungi media sosial penyedia jasa konsultasi hukum tersebut, cermati konten hukum yang mereka unggah, sehingga Anda dapat memastikan apakah penyedia jasa konsultasi hukum tersebut berkualitas atau tidak.

3. Pastikan Jasa Konsultasi Hukum menyediakan Konsultan Hukum yang Kompeten

Anda harus memastikan bahwa penyedia jasa konsultasi secara transparan memberikan informasi para konsultasn hukumnya. Pastikan bahwa konsultan-konsultan hukum tersebut memang memiliki kompetensi dalam bidang hukum yang mereka fokuskan melalui profil dan ulasan-ulasan klien.

4. Pastikan Kesesuaian Tarif

Setelah memastikan jasa konsultasi hukum tersebut berkualitas dan memiliki kompetensi, Anda harus pastikan tarif yang diajukan oleh penyedia jasa konsultasi hukum sesuai dengan keuangan Anda. Sebab, setiap konsultan hukum memiliki tarif berbeda sesuai dengan performa dan kualitasnya. Selain itu, ada juga jasa konsultasi hukum yang memberikan jasanya secara cuma-cuma atau gratis.

5. Berkomitmen Dalam Menjaga Rahasia Masalah Klien

Anda harus memastikan bahwa jasa konsultasi hukum yang digunakan memiliki komitmen untuk menjaga kerahasiaan masalah Anda. Terutama bagi penyedia jasa konsultasi hukum online. Kebocoran data privasi publik sedang marak-maraknya terjadi. Untuk itu, pastikan bahwa jasa konsultasi hukum tersebut memiliki teknologi enkripsi atau sistem yang dapat mencegah terjadinya kebocoran data.

Tips Memilih Advokat atau Konsultan Hukum

Setelah mengetahui cara memilih jasa konsultasi hukum, tentunya penting juga untuk memahami bagaimana memilih advokat atau konsultan hukum yang tepat. Berikut tips memilih advokat atau konsultan hukum:

1. Pahami Masalah dan Kebutuhan Hukum

Sebelum berkonsultasi, penting bagi Anda untuk memahami masalah hukum yang sedang Anda hadapi. Sebab, setiap advokat, konsultan hukum, atau pengacara memiliki keahlian di bidang hukum tertentu. Untuk itu, Anda harus bisa memilih konsultan hukum dengan keahlian yang sesuai dengan perkara Anda. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda maupun advokat dalam berkonsultasi. Advokat dapat dengan mudah menemukan solusi tepat atas permasalahan hukum yang sedang Anda hadapi jika permasalahan tersebut sesuai dengan keahliannya.

Contohnya, apabila masalah hukum yang sedang dihadapi berupa kasus pembatalan perjanjian, maka harus menemui pengacara di bidang hukum perdata, begitu pula dengan kasus penganiayaan, maka yang dibutuhkan adalah advokat yang berpengalaman menangani kasus pidana.

2. Mencari Tahu Latar Belakang Advokat

Penting untuk terlebih dahulu memeriksa apakah advokat yang Anda pilih tergabung pada suatu organisasi profesi advokat resmi yang diakui oleh Undang-Undang. Pastikan advokat memiliki izin praktik yang masih berlaku dan memiliki kualifikasi yang baik di bidang hukum. Anda dapat menghubungi Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) atau asosiasi advokat resmi lainnya untuk meminta rekomendasi advokat yang dibutuhkan.

3. Ketahui Kemampuan dan Pengalaman Advokat

Dalam menentukan atau mencari advokat, Anda tidak harus mencari yang terkenal dan selalu menang dalam kasus-kasus besar. Tetapi, carilah advokat profesional yang berpengalaman dalam menangani permasalahan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, Anda juga dapat menanyakan keberhasilan advokat pada kasus-kasus yang pernah ditanganinya. Advokat dengan reputasi yang baik biasanya akan dengan senang hati menunjukkan kepada klien keberhasilan dari kasus-kasus yang telah mereka tangani. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui kemampuan seorang konsultan hukum dari penilaian klien di situs web penyedia jasa konsultasi hukum tersebut. 

4. Pilihlah Advokat yang Memiliki Komunikasi Baik

Selain pengalaman dan keahlian hukum, memilih advokat yang mampu berkomunikasi dengan baik adalah pertimbangan yang sangat penting. Advokat atau pengacara yang memiliki komunikasi yang baik dapat membuat klien nyaman dalam berkonsultasi, serta mudah memahami penjelasan dari nasihat atau pendapat hukum yang diberikan oleh advokat. Untuk memastikan hal ini, perhatikan ulasan-ulasan klien advokat tersebut melalui web jasa penyedia konsultasi.

5. Memperhatikan Profesionalisme Advokat

Profesionalisme seorang advokat dapat dilihat dari cara pemilihan strategi penanganan kasus yang efektif dan efisien, serta cara merespons pertanyaan dari klien yang berkonsultasi terkait masalah yang sedang dihadapi. Pilihlah advokat yang dapat menghormati semua orang terlepas dari posisi, peran, atau status mereka, serta memilih advokat yang berperilaku sewajarnya dalam segala situasi dan mematuhi aspek hukum serta kode etik.

Apabila terjadi suatu pelanggaran kode etik antara advokat dengan klien, maka masyarakat dapat mengadukan pelanggaran dimaksud melalui Dewan Kehormatan Organisasi Profesi. Melindungi kepentingan masyarakat selaku “konsumen” pengguna jasa advokat atau konsultan hukum berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

6. Jujur Dan Berintegritas Tinggi

Kejujuran merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih konsultan hukum. Sebab, Anda harus memberikan data pribadi dan menceritakan masalah yang sedang Anda hadapi untuk memperkuat dokumen demi kepentingan hukum. Penting untuk mencari konsultan hukum yang jujur dan berintegritas agar tidak terjebak dampak negatif dari konsultan yang tidak kompeten.

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Gratis dengan Advokat Pilihan di Perqara

Perqara adalah penyedia jasa konsultasi hukum online gratis atau pro bono yang dapat diakses melalui web atau aplikasi. Aplikasi kami dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk melakukan konsultasi hukum kapan pun dan di mana pun. Anda dapat memilih dengan bebas advokat yang memiliki keahlian sesuai dengan kasus Anda. Klik di sini untuk konsultasi sekarang.

Baca juga: Bisakah Konsultasi Hukum Gratis? Simak Caranya!

Referensi

  1. Legal Now. “Jasa Konsultan Hukum: Pengertian, Manfaat, dan Tarif”. https://www.legalnow.co.id/jasa-konsultan-hukum/. Diakses pada 8 Maret 2023.
  2. Saiful Anam & Partners. “Tips Cara Memilih Jasa Pengacara/Advokat/Konsultan Hukum”. https://www.saplaw.top/tips-cara-memilih-jasa-pengacaraadvokatkonsultan-hukum/. Diakses pada 7 Maret 2023.