SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan sertifikasi yang sangat penting bagi sebuah produk untuk menjamin keselamatan dan kepercayaan konsumen. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik usaha mengetahui cara daftar SNI. Simak cara daftar SNI dengan mudah dalam pembahasan artikel berikut ini.

Syarat Mengurus SNI

Sebelum mengetahui mengenai cara daftar SNI, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai persyaratan yang dibutuhkan. Berikut syarat mengurus SNI :

  1. Syarat Utama
  • Fotokopi SIUP dan TDP
  • Fotokopi Akta Notaris Perusahaan
  • Fotokopi NPWP
  • Surat Pelimpahan Merek atau kerjasama antara pemilik dengan pengguna merek (jika merek yang digunakan bukan milik sendiri)
  • Surat pendaftaran merek dari Dirjen HAKI atau sertifikat merek
  • Surat permohonan SPPT SNI
  • Surat penunjukkan Wakil Manajemen dan Biodatanya
  • Badan organisasi yang disahkan pimpinan
  • Fotokopi Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
  • Angka Pengenal Importir (jika bukan produsen
  1. Dokumen Teknis
  • Diagram alur proses produksi
  • Pedoman mutu yang sudah disahkan
  • Daftar bahan baku utama dan juga pendukung produksi
  • Daftar peralatan utama untuk produksi
  • Daftar peralatan untuk inspeksi dan pengujian
  • Salinan dokumen panduan mutu dan prosedur mutu

Cara Mengurus SNI

Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, berikut cara daftar SNI:

  1. Mengisi formulir permohonan SPPT (Sertifikat Produk Penggunaan Tanda) SNI

Pertama, Anda diminta untuk mengisi formulir ini. Selain itu, Anda juga membutuhkan beberapa lampiran dokumen seperti fotokopi Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang sudah dilegalisir. Lalu, untuk produk yang berasal dari luar negeri menggunakan sertifikat dari LSSM (Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu).

  1. Verifikasi permohonan

Verifikasi akan dilakukan oleh LSPro-Pustan pada beberapa poin, seperti jangkauan audit dan kemampuan untuk memahami bahasa setempat.

  1. Audit sistem manajemen mutu produsen

Selanjutnya, tim akan mengecek kesesuaian antara kecukupan dan kelengkapan dokumen sistem manajemen mutu produsen pada persyaratan SPPT SNI. Apabila terdapat dokumen yang masih belum sesuai, maka akan diberikan waktu paling lama 2 (dua) bulan untuk perbaikan.

  1. Pengujian sampel produk

Tim LSPro-Pustan selanjutnya akan mendatangi tempat produksi hingga mengambil sampel produk untuk diuji di lab dengan diberi label contoh uji dan disegel. Pengujian tersebut akan dilakukan di lab lembaga atau penguji yang sudah terakreditasi.

Selain itu, pengujian ini juga dapat dilakukan di lab produsen, tetapi harus ada saksi pada saat pengujian. Apabila hasilnya tidak sesuai, maka akan dilakukan pengujian lagi hingga sesuai dan akan dicek kembali oleh Tim LSPro-Pustan.

  1. Penilaian sampel produk

Penilaian sampel produk ini akan dilakukan oleh tim dengan mengeluarkan Sertifikasi Hasil Uji. Apabila hasilnya tidak sesuai, maka akan dilakukan pengujian ulang. Lalu, apabila hasilnya masih tidak sesuai syarat SNI, maka permohonan SPPT SNI akan ditolak.

  1. Keputusan sertifikasi

Prosedur selanjutnya adalah rapat yang dilakukan oleh tim untuk membahas hasil audit dan hasil uji. Semua dokumen hasil uji dan audit menjadi bahan rapat panel Tinjauan SPPT SNI LSPro-Pustan Deperin.

  1. Pemberian SPPT SNI

Cara mengurus dan mendapatkan label SNI yang terakhir adalah LSPro-Pustan akan mengklarifikasi produsen dengan keputusan yang didasarkan atas:

  • Ketentuan SNI
  • Kelengkapan legalitas
  • Proses produksi
  • Sistem manajemen mutu

Biaya Mengurus SNI

Pengurusan SNI membutuhkan biaya yang harus dibayarkan. Biaya ini tergantung jenis atau tipe SNI. Berikut biaya mengurus SNI:

Biaya Mengurus SNI
Simak Cara Daftar SNI dengan Mudah
Biaya Mengurus SNI
Simak Cara Daftar SNI dengan Mudah
Biaya Mengurus SNI
Simak Cara Daftar SNI dengan Mudah

Contoh Surat Permohonan SNI

Berikut contoh dari surat permohonan SNI:

20231006 Surat Permohonan SNI 2
Simak Cara Daftar SNI dengan Mudah

Perqara Telah Melayani Lebih dari 5.500 Konsultasi Hukum

Untuk permasalahan hukum terkait Bisnis, Perqara telah menangani puluhan kasus setiap bulannya. Ada ratusan mitra Advokat Perqara dengan keahlian khusus di masing-masing bidangnya seperti ketenagakerjaan, perkawinan dan perceraian, pertanahan, dan masih banyak lagi. Sehingga, klien dapat konsultasi tentang masalah hukum lainnya sesuai dengan permasalahan yang sedang dialami.

Konsultasi Hukum Gratis di Perqara

Apabila Sobat Perqara memiliki permasalahan hukum atau memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait cara daftar SNI, Sobat dapat mengobrol langsung dengan advokat profesional secara gratis hanya di Perqara. Dapatkan konsultasi hukum gratis untuk mendapatkan solusi hukum tepat kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Cara Perpanjang SNI

(Artikel ini telah disunting oleh Tim Redaksi Perqara)

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2021 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Perindustrian

Referensi

  1. Badan Standardisasi Nasional. “Bagaimana Proses Mendapatkan Sertifikasi SNI untuk Produk”. https://bsn.go.id/main/berita/berita_det/7008/Infografis—Alur-Proses-Sertifikasi-SNI-pada-Produk. Diakses pada 6 November 2023.